Ghutsa-ul Alsin

girl-grass“Jangan kau angkat keburukan saudaramu sehingga menyebabkan orang itu mendapat rahmat Allah swt sedangkan engkau akan ditimpa musibah oleh Allah” (HR. Tirmidzi)

_______________________________________

Apa yang sudah kita lakukan dengan lidah kita? Apa saja perkataan yang sudah dikeluarkan, diucapkan oleh lidah kita hari ini saja? Apakah ada perkataan sia-sia atau bahkan lebih dari itu membahayakan kita dan orang lain?

Imam Ibnul Qayyim dalam Al Jawabul Kafi mengatakan, “Sungguh mengherankan sekali manusia sangat memelihara diri dan hati-hati dari makan yang haram, dari menzalimi orang lain, dari mencuri, dari meminum minuman yang memabukkan, dari memandang yang haram dan lainnya. Tapi sulit sekali bagi mereka untuk memelihara gerak lidah mereka. Tidakkah engkau saksikan, bagaimana ada seseorang yang menjadi rujukan dalam urusan agama, yang zuhud, yang banyak ibadah, tapi ia mengeluarkan kata-kata yang bisa memunculkan kemurkaan Allah sedangkan ia merasa tidak melakukan apa-apa?

Imam Ibnul Qayyim dalam kitab yang sama mengatakan, “Sesungguhnya seseorang akan datang pada hari kiamat dengan kebaikan seperti gunung, tapi kemudian sikap lisannya yang menghancurkan kebaikan itu seluruhnya. Ada juga seseorang yang datang dengan keburukan seperti gunung, tapi kemudian lisannya juga yang menghancurkannya dengan banyak berdzikir kepada Allah swt dan apa-apa yang bisa menyampaikan pada dzikrullah”

______________________________________________________________________

My Rabb, jadikanlah pada lisanku cahaya..