Ramadhan Bulan Prestasi

Tidaklah kamu perhatikan bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik. Akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seijin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.”

(QS. Ibrahim 24-25)

Ayat ini menggunakan kata tu’ti ukulaha alih-alih tsamarat. Memberikan bukan sekedar buah, namun apa yang terasa lezat dan nikmat dari buah itu : rasa. Jadi, pencapaian tertinggi adalah rasa terbaik buah dari pohon iman, bukan sekedar akar yang teguh atau cabang yang menjulang. Meskipun untuk berbuah membutuhkan keduanya, pencapaian tidak boleh terhenti di keduanya.

Begitulah. Targetan-targetan pribadi selama Ramadhan entah itu QL, al matsurat, duha, tilawah, atau amalan lainnya seharusnya berbading lurus dengan targetan (prestasi) sosial. Jangan sampai terjebak dengan berbangga terhadap akar yang menghujam, batang yang kokoh, ranting yang menjulang tapi rasa buah iman tidak menjangkau ummat yang kelaparan. Hafalan dalam hitungan juz, profesi, pendapatan, jabatan, kekayaan dsb tanpa kemanfaatan bagi orang lain hanyalah batang dan ranting yang menjulang langit.

Jadi, apa prestasimu Ramadhan kali ini?

Perang Badar, konsolidasi Perang Uhud, kemenangan Perang Khandak dan Futuh Makkah terjadi pada bulan Ramadhan.

Pada tahun 10 H, bulan Ramadhan, 1000 orang Thaif masuk Islam.

Lebih dari 700 orang Yaman masuk Islam pada bulan Ramadhan tahun 11 H.

Pada bulan Ramadhan 52 H, Utbah bin Nafi, panglima Khalifah Utsman bin Affan, menaklukkan Mesir.

Thariq bin Ziyad mendarat di Eropa pada bulan Ramadhan tahun 99 H. Ramadhan tahun berikutnya, Thariq bin Ziyad memperoleh kemenangan pertamanya.

Yerussalem berhasil direbut kembali dari tangan tentara salib oleh Salahuddin Al-Ayyubi pada bulan Ramadhan tahun 537 H.

Bahkan, proklamasi Republik Indonesia terjadi pada bulan Ramadhan 1356 H.

_____________________________________________________________________________________

Rujukan : Dalam Dekapan Ukhuwah, Salim A. Fillah. amalNEWS Edisi Spesial Ramadhan 1431 H/2010 M